Rabu, November 16, 2016

Vlog or Blog


Vlog dan Blog intinya sama. Menceritakan, menuangkan sesuatu ke dalam kanvas. Bedanya adalah kanvasnya. Jika Vlog kanvasnya adalah video baik di YouTube atau Instagram atau media video lainnya, Blog memiliki kanvas tulisan yang dituangkan dalam sebuah web baik wordpress atau blogger atau media tulisan lainnya.

Keduanya memiliki plus dan minus. Blog menggunakan indera pengelihatan (baca) dan imajinasi untuk dinikmati, Vlog menggunakan indera pengelihatan (visual. Nonton) dan pendengaran untuk dinikmati. Vlog bisa saja menggunakan imajinasi, tapi tidak akan efektif karena otak akan berfokus menerima gambar.
Vlog membutuhkan kemampuan berbicara (kecuali suara di-dub), sementara Blog membutuhkan kemampuan menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan. Just FYI, gue tidak ahli dalam keduanya.
Untuk mempercantik Vlog, editing yang bagus dan pengambilan gambar yang bagus sangat diperlukan. Untuk mempercantik Blog, dibutuhkan gambar (yang ini opsional sih), pemilihan dan penyusunan kata yang keren, atau artikel yang bermanfaat.

For some people, it is easier to speak rather than write. But there are also some people who can write better than speak. Ini semua balik ke arah selera, bakat, kemauan, dan juga peralatan. Sebenernya uang juga termasuk karena peralatan butuh uang. Tapi kalau masalah uang, munculkanlah kreativitas.

So now, gue hanya bisa mencoba untuk berkarya dalam kedua hal tersebut. I will try to write down and also try to speak up.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar