Minggu, Juli 20, 2014

Behind the Wheels


Keluarga gue lagi suka yang namanya otomotif. Bokap dan gue emang dasarnya car enthusiast, jadi kita emang paling seneng dengan yang namanya ngotak ngatik kendaraan.
Sekitar 2 atau 3 bulan lalu, nyokap dan ade gue baru ikut kursus belajar mengemudi. Nyokap gue ikut kursus selama sebulan sedangkan ade gue hanya 2 minggu.

Hal yang pertama kali nyokap lakukan setelah mendapatkan SIM adalah membawa mobil sendiri dengan didampingi gue sebagai co-driver ke tempat nyokap melakukan bisnis apartemen. Beda dengan ade gue. Setelah selesai kursus menyetir, hal yang ade gue pertama kali lakukan adalah ngajak gue belanja game komputer yang ujung – ujungnya minta dibayarin gue. Iya, emang ada yang sedikit salah di otak ade gue.

Meskipun udah sebulan ikut kursus menyetir, nyokap masih perlu banyak belajar tentang berperilaku di lalu lintas. For example: Ketika nyokap mau mendahului orang lain, hal yang dia lakukan adalah menginjak rem karena panik dan belok tanpa melihat spion dan ga ngasih lampu sen (Don’t try this at home. Mengapa? Karena mobil gabisa masuk ke dalam rumah. Paling mentok di garasi). Udah salah, gue yang malah jadi panik setengah mampus karena gue takut nyokap maen nyelonong belok dan nabrak kendaraan lain.
Pernah suatu saat nyokap gue pertama kali masuk tol dan belum hafal batas kanan kiri mobil. Alhasil posisi nyokap gue kejauhan dari tempat tiket keluar. Lalu nyokap gue melepas seatbelt dan mencoba menggapai tiket tersebut. Hal yang terjadi adalah mobil melaju karena posisi gigi masih di D (drive), lalu rem kaki terlepas dan tidak pake rem tangan. Dengan spontan gue menarik rem tangan dan mengganti transmisi ke N (netral). Jantung gue rasanya mau copot. Kenapa? Karena ada palang di depan yang hampir ditabrak dan nyokap gue jadinya harus turun dari mobil buat ngambil kartu. Dan yang lebih parahnya lagi, nyokap gue dengan santai berkata, “Tenang... Tenang...”

Beda lagi dengan ade gue. Pertama kali ade gue berada di balik setir mobil sendiri adalah ketika gue jalan – jalan sama ade gue. Gue mau ngetes seberapa lancar ade gue setelah kursus menyetir. Alhasil dia gabisa maju lebih dari 50 meter karena mesinnya mati terus. Hal yang lebih parah lagi, bikin macet.

Gue inget banget kisah gue ketika gue baru bisa nyetir mobil sendiri. Ketika itu gue masih sma kelas 1, mobil gue masih Honda Accord Cielo tahun 1998. Ya, mobil jadul. Hari itu adalah hari sabtu dan gue sekolah di hari sabtu. Saat itu gue disuruh yang berada di belakang setir karena bokap gue mau tau seberapa lancar gue. Berhubung mobil gue matic, gue merasa aman karena ga harus maen kopling. Ternyata, ada hal lain yang tidak gue perthitungkan. Saat itu jalan di sekitar rumah gue masih rusak parah dan mobil gue sedan which means ceper. Ketika melewati jalan yang jahanam itu, gue sedikit terlalu cepat dan akhirnya menggores bagian bawah mobil.

Back to present. Semakin hari, nyokap gue semakin lancar bawa mobil meskipun tetep membuat penumpangnya stroke. Nyokap gue juga semakin interest ke arah mobil. Contohnya beberapa hari lalu, nyokap gue buka kap mesin mobil gue, menatap isinya dengan tajam dan kemudian ditutup kembali. Kesimpulan gue saat itu, nyokap gue baru belaja caranya membuka kap mesin.
Ga hanya itu, kemaren nyokap gue berniat membawa mobil ke bengkel. Nyokap gue pengen tau gimana suasana bengkel dan gimana caranya nyuci mobil yang benar. Hal yang gue takut adalah hobi baru nyokap ini mengalahkan mindset dapur. Mengapa? Karena nanti, bukan suatu kebetulan jika suatu hari nyokap gue menggoreng ayam dengan bensin pertamax, menyuci baju dengan pelumas, dan menyetrika dengan aki.

Di balik semua ini, ada satu hal yang penting: Pastikan orang yang mengajar ato mendampingi orang yang baru belajar nyetir tidak mengalami gangguan kejiwaan, hamil, stroke, atau galau karena baru diputusin. Karena bukan suatu kebetulan jika nanti ketika anda menabrak, mentor disebelah anda berkata, “Tabrakan ini tidak lebih keras dibandingkan pukulan mantan aku ke hati aku.”

See you on the next post.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar