Senin, September 20, 2010

Filosofi dan Sastra from Dina

“Bal, gua kemaren baru baca buku bagus deh. Bahasanya tinggi trus nyentuh gitu. Gua jadi ketagihan baca buku itu.”
Buku yang dia baca itu buku Maryamah Karpov.
Dia udah baca buku itu 3x.
Buku yang sempat gua pinjem. Dan gua baca ga lebih dari 4 halaman.
Orang yang membaca buku itu namanya Dina. Orang yang sama yang sempat menyuruh gua menulis dengan bahasa yang dalem dan tinggi kayak buku itu.

For Your Info, Dina itu orang yang gemar membaca buku. Kalo lu ke rumahnya, siap – siap kaget ngeliat banyak banget novel – novel berbahasa tinggi dan dalem. Dan semua buku itu TEBAL.
Okay, gua bakal cerita tentang Dina dan filosofinya.
Dina itu cewe yang sekarang sedang sibuk kuliah dan mengerjakan Skripsinya. Terakhir kali gua ketemu, dia Kuliah di Jakarta jurusan sastra. Sekarang, dia pindah ke Jogja dan nerusin kuliahnya di sana dengan mata kuliah yang sama. Dia benci yang namanya jejaring sosial yang menyebabkan dia tidak punya facebook, Twitter, dsb.
Dina itu termasuk orang yang kaya dan baek pula. Dia itu putih, tinggi, ga gemuk, ga kurus, rambutnya hitam ke coklat – coklatan karena ibunya yang berasal dari Inggris.
Pintar berbahasa Inggris, Indonesia, dan Jepang. Penggemar aktor – aktor action seperti Tom Cruise, Sylvester Stallone, Dwayne Johnson, dll. Dia suka lagu – lagu klasik seperti Queen, AC/DC, dsb.

Satu hal yang gua kagum dari Dina. Dia orang yang penuh dengan prinsip dan menceritakannya dengan bahasa – bahasa tinggi yang gua susah mengerti. Dia ngerti tentang kehidupan zaman sekarang dan permasalahannya.

“Jangan takut akan kematian. Tapi takut dengan apa yang akan terjadi setelah kematian.”
Sebuah penggalan kata yang pernah dia kasitau ke gua. Sebuah kata yang nyampe sekarang nempel di otak gua. Sebuah kata yang pernah gua sebarkan melalui salah satu jejaring sosial. Bahkan ke pacar gua ketika gua pacaran.

Jalur kehidupan telah terbentang.
Layaknya buku tertulis tinta.
Sebuah kisah telah kita lalui.
Dan hanya kenangan yang tertinggal.

Penggalan puisi itu berasal dari Dina. Dia pas itu nulis di buku gua dan sekarang bukunya ilang entah kemana. Kayaknya udah ditelen sama adek gua. Itu puisi dia bikin pas dia ada tugas di sekolahnya. Entah kenapa dia tulis lagi di buku gua.

Dia pernah ngomong ke gua,”Bal, gua pengen tau apa lu bener – bener bisa nulis. Coba lu bikin satu cerita aja make bahasa yang tinggi dan lumayan dalem.”
Satu hal yang gua pikirkan pas dia ngomong gitu. “Gua harus gimana? Nulis kayak gitu tuh ga gampang… Kosakata harus bagus sementara di otak gua Cuma ada sedikit Kosakata…”
Dan gua berjanji bakal bikin cerita itu.
Akhirnya setelah 4 bulan dia ngomong gitu, baru gua laksanakan tugas itu.
Gua butuh pemikiran yang matang dan persiapan yang bagus. Gua juga ga mau janji gua ga gua tepatin.
Dan sayangnya gua ga bisa kasih cerita itu secara tertulis. Satu – satunya media, yaitu internet.
Cerita itu bakal gua posting pada postingan selanjutnya. Masih butuh perbaikan dan penyempurnaan.

Gua inget kata – kata terkahir dia ke gua sebelum pindah ke Jogja.
“Bal, jaga diri baek – baek yak. Lu udah mau SMA.”
Kata yang tepat. Gua emang lagi mau masuk SMA pas dia ngomong gitu.

Dan gua ga bisa jalanin amanat terkahirnya itu. Justru hidup gua berantakan.
Masalah dengan temen, nilai, sekolah. Gua juga makin susah nyari inspirasi buat nulis. Gua udah ilang 2 handphone. Laptop rusak. Dll…

Dimanapun lu berada, gua minta maaf sama lu, Din.
Bukan maksud gua ga dengerin semua yang lu omongin.

See you soon…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar